Monday, 19 September 2011

Guide Tempat makan enak di Bandar Lampung dan sekitarnya (1)

Selama 11 tahun gw di lpg sejak remaja, tentunya gw ga diem aja dirumah dunk, gw kan nomaden musti seperti kucing beranak pindah-pindah dunk he..nah kali ini gw akan membagikan beberapa informasi berguna untuk orang-orang seperti auditor/inspector yang dapet tugas perjalanan dinas ke lampung. Lampung ga seru? memang kurang seru tapi kalo anda tidak waspada, berat anda bisa naek beberapa kilo lho..

Karena begitu banyaknya tempat makan yang menurut gw enak-enak..jadinya gw akan membagi menjadi tiga segmen yaitu halal, non halal dan snack. Karena gw lagi nulis ini sambil ngabisin waktu ngopi jadi tulisan ini bakal gw bagi ke beberapa postingan. Check this out.

1. HALAL
     
Mencari makanan yang halal di lampung tidaklah susah, tapi maafkan keterbatasan referensi gw karena gw makluk non halal jadi tidak begitu sering mampir ke tempat2 halal begini hehehe...tapi ada beberapa yang masuk list sbb;

  • Nasi Uduk Aris
Nasi uduk ini terletak dijalan pattimura, tepat diseberang graha pattimura. FYI, di lampung, nama jalan itu tidak lah penting saudara-saudara. Yang penting adalah anda tahu deket mana tempat tersebut. Nasi uduk ini adanya pagi, jam 6 pagi aja dah buka dan biasanya sudah habis sekitar jam 9 pagi, tempatnya diatas jalan jadi enak bwt makan disana dan untuk parkir kendaraan sangatlah gampang. Uduknya kalo dimakan gitu aja rasanya biasa saja tapi kalo sudah diaduk pake sambelnya dan kuah semurnya, nah disitu baru kerasa nikmatnya.
  • Nasi Uduk Cayut / Panorama
Si aris yg buka nasi uduk diatas sebenernya dulu kerja di uduk cayut ini, jadi gangraknya sama. Rasa juga beti alias beda tipis. Jam bukanya juga sama2 pagi, letaknya di panorama, diteluk, sebelum swendis bakery ada bata, nah sebelah bata itu ada jalan kecil yang tembusnya ntar ke pasar kangkung. Tempatnya tidak bersahabat untuk mobil, ga bisa parkir karna jalannya kecil, kalo mau lo parkir depan bata trus jalan kaki aja masuknya, nekat parkir bs ribut ntar. Overall, walau rasa beti sekarang ini gw perhatikan aris lebih ramai dari pada cayut, mungkin karena salah satu faktornya adalah tempat. Tempat aris lebih strategis dan nyaman sehingga dy jadi terlihat lebih ramai.
  • Nasi Uduk Tanjung Jati
Uduk juara nih. Langganan gue dari dl, kena racun dari akhiu gw yg nomor 2, uduk ini letaknya sebelum RM. Teluk. Tempatnya di hoek. Kecil tapi jangan tertipu dengan penampilannya. Uduk ini juara! enak buanget..Gw tabiskan sebagai uduk terenak yang dicampur dengan kecap manis. Jam buka sore sampai malam.
  • Nasi Uduk Toha
Uduk ini ada beberapa cabang, pusatnya di jl. Kartini sebelum pangkal pinang. Orang lampung pasti tahu semua. Cabangnya ada di jl. P. Antasari, deretan ruko RM. Hong Kong dan di teluk, Jl. Pattimura, sederetan sama RM. Chi-chi. Untuk rasa sih enak, sudara gw yg dah tinggal di jkt kalo balik sini seperti kesetanan makan sampai 2 piring.
  • Nasi Uduk Mat Kribo
Uduk ini letaknya diseberang uduk toha yang di jl. kartini. Enak sih uduk ini, disarankan untuk mencicip sebagai perbandingan dengan tempat uduk yang lain.
  • RM. Begadang 
Untuk nasi padang, di lampung juaranya ini nih. RM ini ada 5, yang pertama di pasar bambu kuning, yang kedua di dekat tugu adipura gajah2an, yang ketiga di jalan raya natar, yang keempat ada di tarahan, kalo lo dari bakauheni bakal lewatin tuh dan yang kelima itu di hotel nusantara di bypass. Menurut gw walau dari sisi menu sama semua kelima-limanya tapi yang terenak itu menurut gw di yang kedua, yang andalan disini tentunya ayam goreng dan sambal 'ganja' ijonya. Dibilang ganja bukan karena pake mariyuana tapi memang bikin ketagihan :D tambo cie!
  • Nasi Gambreng
Nasi ini khusus buat anda yang doyan pedass. Sangat-sangat pedas. Jangan kaget bibir anda bisa nyut-nyutan setelah makan seperti abis kena tabok. Nasi ini aslinya buka di way lunik. Sekarang bu gambrengnya sih dah wafat. Nah ini yang nerusin entah gimana jadi banyak cabangnya di mana-mana entah asli ato ga. Tapi jangan bingung, tentunya gw sudah melakukan survei dan penyelidikan dunk yang mana yang asli hahaha. Yang asli (paling mendekati asli) itu ada di jl. Yos Sudarso. Sebelum golden dragon sebelah kiri. Patut dicoba buat anda yang ngakunya doyan pedas. Disclaimer : sakit perut, diare, mencret2 sehabis makan ini diluar tanggung jawab saya.

Ok, karena sudah jam 8 waktunya gw berangkat ngantor..kita sambung lagi di posting selanjutnya. Ciao..

3 comments:

  1. nasi uduk toha bukanya pagi ato sore? tq

    ReplyDelete
  2. Untuk nasi gambreng bukanya jam berapa ya? Thanks

    ReplyDelete