Wednesday, 17 August 2011

Film-film yang bisa memainkan emosi jiwa

Karena hari ini tanggal 17 agustus dimana merupakan hari kemerdekaan Indonesia yang kucintai maka gw akan memposting blog ini (apa coba hubungannya?) ok, gw akan membahas film lagi kali ini tentang film-film yang mampu memainkan emosi jiwa gw pada khususnya, jadi penilaian mengenai film-film yang akan gw sebutkan dibawah ini sifatnya akan subjektif sekali oleh karena itu gw ga menerima protes! hahaha..yang gw terima adalah komentar-komentar yang setuju saja. Agree or silence! :D

Gw biasanya ga pernah membahas top ten or top 40 dari film-film bagus sepanjang masa versi gw, why? karena sebagai salah satu pencandu film hardcore, banyak sekali film-film bagus yang gw pernah nonton sepanjang hidup gw, dan film-film itu susah untuk dicari yang terbaik karena masing-masing punya keunggulan yang susah untuk disetarakan. Yang mampu untuk gw saring cuma satu yaitu film yang mampu memainkan emosi jiwa gw (gw singkat selanjutnya jadi FEJ saja).

Kalo ditanya alasannya itu tidak lain tidak bukan karena FEJ menurut gw paling susah untuk dibuat, film yang seperti FEJ yang biasanya menjadi langganan oscar walau dalam list gw ga semua pemenang oscar sih. Jarang sekali ada film tuh bisa buat gw emosi jiwa bangkit. Emosi jiwa seperti kita ketahui ga cuma marah ya tapi sedih, senang dsb tapi gw garis bawahi bahwa film FEJ bukanlah film kenangan yah, kl film kenangan yang ditonton saat pacaran pertama kali itu lebih dititikberatkan pada momen yang terjadi saat nonton film itu bukan pada isinya, gw bicara disini tentang isi filmnya tok. Karena pengantarnya gw ga mau panjang-panjang (yang nyatanya sampai 3 paragraf) maka langsung gw mw sebutin FEJ list gw yang ternyata ga banyak, cuma 5, yup...cuma 5 film ini yang mampu memainkan emosi gw, sisanya ada sih yg jadi gmn tapi bisa terhapus seiring waktu, ini lima film yang maybe sampai gw tua ga bakal bisa dihapus dalam memori otak (kecuali kl gw amnesia yah). Gw urutkan kelimanya dari yang posisi terbawah here we goes..

5. Scary Movie 2

Yup, ga nyangka kan hahaha...seperti yg gw dah bilang diatas emosi jiwa salah satunya adalah tertawa, walau gw akui banyak sekali film komedi yang bertebaran tapi jujur ga banyak yang bisa buat gw tertawa terbahak-bahak sampai sulit mengendalikan diri. Contohnya yang baru semalem gw tonton yaitu kungfu panda 2, gw liat dibioskop banyak yang bs tertawa sampai terpingkal-pingkal, menurut gw itu film lucu, tapi ya ketawa gw biasa aja, ga sampai terpingkal-pingkal..nah dalam film scary movie ini, ada adegan yang berhasil membuat gw tertawa terpingkal2 sampai jongkok, asli..jongkok..

Waktu gw nonton nih film ditahun 2001 gw ga nonton dibioskop sih, cuma sewa vcd. Nah ceritanya gw nonton sama sepupu gw dan malem2 tuh, jam 11 kalo ga salah (ga salah berarti bener) dan pho-pho gw dah tidur, biasanya ktorg ga berani berisik kalo pho-pho dah tidur karena dy bs bangun dan jelas kita bakal dimarahin, nah saat pertama kali film ini dimulai ada adegan exorcism yang asli lucu banget sampai gw ga bs tahan itu ketawa, giling...dan membuat sukses pho-pho gw bangun dan jelas kita diomelin abis-abisan. Setelah film ini gw ga pernah tertawa sampai terpingkal-pingkal seperti itu lagi.

4. The Butterfly Effect

Film ini bercerita tentang chaos theory, kadang gw yakin kita semua pernah menyesal akan sesuatu yang kita lakukan dan kita jadi berandai-andai seandainya kita bisa balik ke masa lalu maka kita dapat mengubahnya menjadi lebih baik, betul kan? nah film ini tentang itu, apa yang terjadi jika kita beneran bs balik ke masa lalu saat di titik pilihan yang kita ambil berbeda, apakah benar hasil yang kita pikir akan lebih baik benar-benar menjadi lebih baik? ataukah akan menjadi lebih buruk? Seriously, abis nonton film ini gw jadi mikir...lama banget...sampai susah tidur karena yah saat gw nonton film itu gw memang memiliki keinginan untuk mengubah satu kejadian yang terjadi dalam hidup gw dan membawa perubahan besar yaitu saat nyokap gw meninggal secara mendadak, saat beliau meninggal gw ga ada disampingnya, gw lg sekolah..apabila saat hari itu gw tidak sekolah mungkin gw bisa selamatkan dia dengan membawa ke rumah sakit atau memberikan pertolongan apapun yg gw bisa...film ini seakan memberi jawaban atas angan-angan gw itu walau ga kena secara langsung tapi yah film ini membawa perubahan terhadap gw for sure.

3. Changeling
Film non-action angelina jolie terbaik. Menurut gw salah satu yang ngebuat angelina jolie sebagai salah satu bintang top hollywood bukan karena dy piawai main film action yah tapi karena dia mampu berakting seperti yang ditampilkan dalam film ini. Saat banyak yang berkomentar megan fox ato actress laen yang diembel-embeli the next angelina jolie gw sih ga bakal telen mentah-mentah, coba tunjukan dulu kemampuan akting seperti angelina dalam film ini baru maybe gw bs kasih julukan itu.

Film ini bercerita tentang seorang single mom yang memiliki putra semata wayang yang ternyata saat dy sepulang bekerja ternyata anaknya diculik. Film ini bersetting tahun 1920-an berdasarkan sebuah kisah nyata, dimana saat jaman itu lagi musim anak-anak diculikin, nah dy saat lapor polisi dan polisi mulai pencarian, didapatkanlah seorang anak yang sesuai dengan deskripsi anaknya, media massa diundang untuk mengabadikan prestasi tersebut akan tetapi masalahnya anak itu bukanlah anaknya dan dy diharuskan menerima anak itu untuk menjadi anak dia. Saat dy komplain, polisi menuduh dia pembohong dan berusaha membungkam dy. Gila film ini nih! angelina jolie bener-bener mampu untuk menjadi seorang ibu yang kebingungan dan ketakutan, ga salah kalo dy sampai dinominasikan best actress di academy award. Apakah gw nangis? ya sedikit hahaha...

2. Saw I
Suka film horror/thriller? gw suka, dari jamannya Freddy kruger, friday the 13th dsb. Apakah film2 itu seram? sangat seram menurut gw, sebelum gw nonton saw ini. Saw ini mendefinisikan ulang arti dari horror. Tidak ada film yang secara terang-terangan sebelum saw dalam pembantaian. Adegan memotong kaki benar-benar dikasih liat secara realistis, OMG! ini film membuat freddy kruger dan jason voorhess seperti badut, abis nonton film ini kengerian yang ada masih nyisa sampai gw ga bs langsung tidur, gw seperti ngeliat pembantaian dalam dunia nyata...dan gw sukaaa...genre gore terbaik yang pernah ada, gw bahkan pernah was-was kalo diri gw dah jadi psikopat karna suka nonton film2 beginian..benar-benar mempermainkan emosi jiwa gw sepenuhnya. 

Gw ga bs cerita banyak yang penting kalo lo blum ngeh seperti apa film saw wah kemane aje ente selama ini? dan dari budjet 1,2 juta dollar US untuk biaya pembuatan hingga menghasilkan 100x lipat dari penjualan tiket membuktikan betapa dahsyatnya film ini, anda bilang Avatar film terlaris didunia? berapa biaya pembuatannya dan berapa gross salesnya? ada 10x lipat? I don't think so.

1. Hello Ghost

Film ini baru gw tonton 7 jam yang lalu, dan sampai saat ini baru film ini yang gw tonton dua kali secara berturut-turut saat itu juga. Film ini masih maen di blitz, keluaran tahun 2010 akhir, dibintangi oleh cha tae hyun yang juga membintangi my sassy girl dan speed scandal. Saat ingin menonton film ini gw high expectation karena dua film cha tae yun yg gw tonton sebelumnya cukup menghibur, dan karena dua film itu bergenre komedi romantis ditambah posternya seperti diatas, gw cm berpikir ini hanya salah satu film komedi romantis khas dy yang menghibur akan tetapi tidak FEJ, ternyata gw salah besar! film ini menduduki nomor satu di list FEJ gw!

Cerita film ini pada diawal maka kita akan menyimpulkan sebagai film komedi murni, ada ceweknya tapi seperti bukan alur utama, lucu saja kesan yg gw tangkap sampai menjelang ending, nah disitu bombastisnya film ini, alurnya langsung berubah dan sukses membuat gw menangis terharu, dua kali gw nonton dan dua kali gw menangis sampai kaos gw basah..baru kali ini ada film yang bisa buat gw meneteskan air mata sebanyak ini, changeling sedih dan gw menangis tapi paling cuma 1-2 tetes lah, ini derasss..kuncinya sih mengenai ibunda, entah kenapa kalo film-film yang bertema ini dapat mengena sampai ke lubuk hati gw yang paling dalam. Makanya gw bilang diawal kalo penilaian film ini sangat subjektif karena yah orang lain mungkin biasa aja nonton nih film tapi difilm ini membuat gw teringat sama ortu gw especially my beloved mom, dan gw tahu bener rasanya ditinggalkan oleh orangtua. Film ini gw banget dah...hiks...

Ok, demikian yang bisa gw berikan dari postingan kali ini, karena hari sudah malam dan besok harus kerja maka ga panjang-panjang deh. Yang pasti silahkan nonton hello ghost kalo blum nonton, mumpung masih diputer di blitz hee.. nite. nick. over and out.

2 comments:

  1. setuju ama buttefly effect, changeling, ama saw.

    kalo scary movie gua gak suka. :P

    hello ghost belum pernah nonton...

    ReplyDelete
  2. Yang gw suka pas bagian muntah2an aja ko untuk scary movie hahaha..Hello ghost film korea, lo musti cari diinternet bwt download sih..Kalo ga salah lo pernah bilang kalo film seri korea biasa2 aja, nah coba nonton film lepasnya ko, yang dibintangin sama cha tae hyun especially, my sassy girl (komedi romantis), Speed Scandal (Film keluarga) dan Hello Ghost (Film keluarga lagi sih menurut gw)

    ReplyDelete