Wednesday, 29 July 2009

Kantor yang Nyaman Meningkatkan Produktivitas

Tak hanya suasana hati atau hubungan dengan rekan kerja yang menentukan produktivitas karyawan, tetapi juga suasana dan penataan kantor. Semakin sehat dan nyaman penataannya, makin baik produktivitas karyawan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dicatat dan dilakukan di tempat kerja.

Sandaran tempat duduk yang nyaman. Cari tempat duduk yang menyangga punggung bagian bawah dan bisa diatur ketinggian lengannya. Usahakan agar lutut Anda bisa berada dalam keadaan lurus dan telapak kaki bisa menggapai lantai dengan pas. Pastikan juga saat mengetik, lengan Anda bisa beristirahat, duduklah tegak. Jangan lupa untuk bersandar sesekali.

Monitor yang letaknya tepat. Leher dan mata Anda akan terasa lelah jika terlalu dekat atau terlalu jauh dari monitor. Upayakan untuk menjaga jarak mata dan monitor berada antara 45-70 cm dengan posisi sejajar pandangan (tidak terlalu rendah, tidak terlalu tinggi dari arah pandangan lurus). Untuk menghindari kelelahan mata, jangan taruh komputer membelakangi jendela yang terang. Perlu diingat, jaga tulang belakang Anda untuk lurus saat menghadapi komputer. Ada beberapa perusahaan yang menempatkan layar dan keyboard komputer menyerong di meja. Lama-kelamaan ini akan menimbulkan masalah pada tulang punggung si pekerjanya.

Kubikel dan sekat untuk memisahkan ruang Anda dan rekan kerja lain. Siapa yang bisa konsentrasi bekerja jika ada barang-barang orang lain di meja. Sekat sekaligus bisa memberi ruang bagi Anda untuk bekerja lebih lapang dan konsentrasi.

Warna-warni menenangkan. Untuk menurunkan level stres, gunakan warna-warni yang memberikan ketenangan, seperti warna biru air atau lavender.

Hindari sindrom saluran karpal yang bisa merusak jaringan pada pergelangan tangan dengan menempatkan penyangga pergelangan saat mengetik. Pergelangan tangan semestinya berada dalam keadaan lurus, tidak tertekuk saat mengetik.

Suara yang menyenangkan. Kurangi suara-suara bising di belakang dengan mencari bunyi-bunyian lain yang menyenangkan, seperti kipas angin, MP3 player dengan earphone, atau lainnya. Pssst... suara bising dari lingkungan bisa membuat iritasi yang akhirnya membuat kita makan banyak, lho.

Tanaman hijau yang tepat bisa menambah pasokan oksigen. Ada pula yang membantu mengeringkan udara di kantor. Atau tambahkan bunga untuk menambah kreativitas.

Sinar terang matahari untuk membantu meningkatkan ketenangan zat pada otak, serotonin, sekaligus mendorong hormon pencetus tidur, melatonin. Cahaya yang cukup dan tidak berlebihan bisa memberikan semangat untuk kerja lebih keras. Terlalu gelap akan membuat kita sulit bekerja. Terlalu banyak sinar dari lampu juga tak baik untuk kreativitas. Upayakan masih ada sinar matahari di dalam ruangan.

Simbol air dipercaya praktisi Cina sebagai penyeimbang feng shui. Bunyi percikan air terjun kecil saja bisa menenangkan. Jika memungkinkan, tambahkan air terjun kecil di pojokan kantor Anda.

Semua indera harus distimulasi untuk bisa bekerja dengan konsentrasi penuh. Wewangian dari aromaterapi bisa memberikan semangat, misal wangi potpourri dari bunga lili atau melati.

Hindari cedera pada leher karena terlalu banyak mengapit gagang telepon agar menempel pada telinga. Sebaiknya Anda membeli headset saja. Selain memberi Anda keleluasaan bergerak saat menelepon di kantor, Anda juga terhindari dari cedera.

Kenangan-kenangan manis dari orang-orang yang memotivasi Anda untuk bangun dan bekerja setiap hari juga patut disimpan di meja kerja. Seperti foto suami, anak, binatang peliharaan, atau orangtua.

Temperatur yang tepat juga baik untuk membantu Anda bekerja sebaik-baiknya. Terlalu dingin akan membuat otak Anda susah bekerja. Terlalu panas sehingga berkeringat pun akan membuat Anda tidak nyaman dan merasa gerah. Cari suhu yang paling tepat dari pendingin udara untuk seluruh karyawan.



Sumber : health.com

Monday, 27 July 2009

8 cara berhenti merokok

Jadi Anda berniat untuk berhenti merokok tapi tak tahu alasannya? "Karena rokok merugikan kesehatan," bukan alasan yang cukup. Untuk mendapatkan motivasi yang besar, Anda perlu alasan yang bersifat personal dan kuat. Misalnya saja karena Anda ingin melindungi keluarga dari bahaya perokok pasif. Atau ancaman kanker paru-paru menakutkan bagi Anda. Atau barangkali Anda ingin terlihat lebih muda. Yang pasti, pilih alasan yang kuat agar lebih mudah mengucapkan selamat tinggal pada rokok.

1. Dapatkan dukungan
Katakan pada keluarga dan teman-teman bahwa Anda berniat keluar dari jeratan asap rokok. Dukungan dari mereka akan meningkatkan semangat Anda. Bila perlu untuk sementara Anda tidak bergabung dulu dengan teman-teman perokok.

2. Atur stres
Salah satu alasan orang untuk merokok adalah nikotin membantu mereka lebih rileks. Bila Anda berhenti dari rokok, maka Anda butuh pelarian lain untuk menghadapi stres. Mencoba pijat, mendengarkan musik, atau mendalami hobi, bisa jadi pelarian yang bersifat positif. Hindari situasi yang menimbulkan stres beberapa minggu pertama setelah Anda berhenti merokok.

3. Hindari kopi
Beberapa aktivitas bisa mendorong Anda untuk merokok. Alkohol dan kopi adalah pemicu yang paling kuat untuk merokok. Bila biasanya Anda merokok setelah makan, kini cobalah kegiatan lain, seperti menyikat gigi atau mengunyah permen.

4. Berolahraga
Ayo bergerak. Kegiatan olahraga bisa menurunkan ketergantungan pada nikotin dan menghilangkan gejala-gejala kecanduan, seperti rasa lemas dan pusing. Bahkan olahraga yang bersifat ringan, seperti berjalan kaki atau memotong rumput taman, sudah cukup membantu lho.

5. Konsumsi sayur dan buah
Sebaiknya jangan melakukan diet saat Anda ingin berhenti merokok. Bila Anda takut badan akan melar, fokuslah pada makanan rendah kalori seperti buah dan sayur. Penelitian yang dilakukan di Duke University menyebutkan makanan-makanan tersebut akan membuat rokok terasa tidak enak.

6. Pilih hadiah
Jangan pelit menghadiahi diri sendiri. Anda bisa mengumpulkan uang "jatah" rokok untuk dibelikan barang yang sudah lama diidamkan sebagai ganjaran atas kesuksesan Anda tidak merokok.

7. Terapi farmakologi
Kadangkala, gagalnya usaha berhenti merokok bukan karena tak adanya upaya, tetapi rangsangan otak yang telah tercemar nikotin bersifat lebih kuat dan memengaruhi seseorang untuk terus merokok. Untuk mengatasinya, lakukan terapi farmakologi dengan obat non nikotin untuk menghentikan gejaka ketagihan (craving) pada nikotin. Mintalah dokter untuk meresepkan.

8. Lakukan untuk kesehatan
Tahukah Anda, begitu kita berhenti merokok, banyak keuntungan kesehatan yang bisa diraih. 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah akan turun. Satu hari kemudian kadar oksigen dan karbon monoksida dalam darah kembali normal dan risiko terkena serangan jantung berkurang. Dalam jangka panjang, risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, dan kanker paru, juga ikut berkurang.


AN
Sumber : WebMD

Saturday, 25 July 2009

Hp nokia 5800XM gue kecebur ke bak mandi!!!

Pagi ini bener2 pagi yg kacau...hp 5800 g kecebur ke bak mandi pas g lg sikat gigi..edan!!!

Begini ceritanya, g nih biasa tiap pagi tuh denger lagu...kadang sampe g bawa2 tuh hp ke kamar mandi...nah pagi ini pas g lg sikat gigi sambil denger lagu can't take my eyes off you - lauren hill, biasanya tuh hp g taruh dikaos trus g sikat gigi...ternyata tuh hp tiba2 mau jatuh karna g sikat gigi goyang2 kali...spontan g tarik tuh hp, ternyata malah loncat ke bak mandi...jeburr!! anjrit...ada kali 2detik kelelep..damn! lauren hillnya sih masih nyanyi..kacau mana ini kejadian terjadi pada jam setengah 7 pagi, alias belum ada counter hp yg buka..kl nunggu siang bisa2 dah mati deh hp gue..untungnya g berhasil menemukan cara pertolongan pertama (P3K) buat hp kejebur air..nah ternyata sekarang pas g lg nulis ini...hp g sudah hidup kembali dengan normal..

Begini 10 langkah mencegah hp matot gara-gara kejebur dibak mandi ala gue :

1. Tenang, jgn panik...panik tidak membuat keadaan lebih baik..hanya akan membuat anda tambah ga karuan he...jika anda ingin melampiaskan perasaan anda, anda bs sambil sumpah serapah dan mengabsensi kebon binatang jika itu membantu menenangkan anda seperti yang g lakukan hahaha..
2. matikan hp anda walaupun saat itu masih hidup untuk mencegah terjadinya konsleting
3. buka casingnya, lepaskan batere, memory card dan sim card
4. banting hp anda eh maksud g guncang2kan hp anda untuk mengeluarkan air yang masih ada didalam hp
5. Lap kering hp, batere, dll
6. Nyalakan hair drier dengan panas sedang trus arahkan ke hp dengan jarak 15-30cm..jgn kelewat panas cuy...bs rusak malah lensa kameranya. Lakukan selama 5menit istirahat 1 menit, ulangi lg.
7. Setelah anda yakin sudah kering, jgn langsung dinyalakan..takutnya anda salah perkiraan...diamkan selama 30menit lg untuk meyakinkan benar2 kering..
8. Pasang kembali batere, sim card dan memory card.
9. Hidupkan lagi hp anda
10. Woala...hp anda bangkit dari kubur.

Semoga tips2 gue membantu buat anda-anda semua yg mungkin mengalami hal ini..(jgn pernah berkata ga mungkin, g jg bilang ga mungkin terjadi ternyata terjadi juga ukh..)

Thursday, 23 July 2009

Jenis-jenis kelainan sex

Paraphilia terdiri atas sembilanjenis, sebagian besar sudah dikenal di kalangan masyarakat luas.

1. Ekshibisionisme: mempertunjukkan alat kelamin kepada orang yang tidak dikenal untuk mendapatkan kenikmatan seksual.

2. Fetisisme: umumnya menggunakan benda-benda khas wanita seperti bra, celana dalam, untuk mendapatkan kenikmatan seksual.

3. Froteurisme: kenikmatan seksual dengan menyentuh dan menggesek-gesekkan ke bagian sensitif orang yagn sedang tidak memperhatikan di tempat yang berdesakan.

4. Pedofilia: aktivitas seksual dengan anak-anak.

5. Masokisme seksual: kenikmatan seksual diperoleh jika secara fisik dilukai, diancam, atau dianiaya.

6. Sadisme seksual: kebalikan dari masokisme, yaitu kenikmatan seksual diperoleh jika menyebabkan penderitaan fisik maupun psikis pada mitra seksual.

7. Fetisisme transvestik: dorongan seksual diperoleh dengan berpikir atau berimajinasi sebagai wanita, mengenakan baju wanita.

8. Veyourisme: kenikmatan seksual dengan mengintip orang lain yang sedang mengganti atau menanggalkan pakaiannya, telanjang, atau sedang beraktivitas seksual.

9. Paraphilia yang tak terdefinisikan, terdiri dari berpuluh-puluh jenis kelainan seksual lainnya, seperti nekrofilia (perilaku seksual dengan mayat), bestialiti (perilaku seksual dengan binatang), dan lain-lain.

Ok, sekarang kalian masuk yang nomor berapa? ^_^

Thursday, 16 July 2009

Etiket di kubikel kantor

KOMPAS.com - Ruang kerja masa kini dirancang seefisien mungkin. Bahkan kadang tak menyisakan ruang privasi. Pahami etikanya agar kenyamanan kerja tak terganggu.

1. Silence, please
Gunakan nada suara seakan Anda berada di ruang perpustakaan. Tidak semua orang bisa mendengar suara keras. Banyak pula yang suka suasana tenang dan tidak bisa berkonsentrasi kerja dalam kondisi bising.

2. Hampiri teman
Kalau mau mengajak bicara teman, hampiri dia baru ajak bicara. Bila dari jauh Anda sudah teriak, teman yang lain pasti akan terganggu. Anda kan, tidak berada di hutan.

3. No speaker phone
Masih berkaitan dengan audio things, jangan gunakan speaker kalau menelepon atau menerima telepon. Baik itu untuk telepon kantor maupun ponsel pribadi. Selain bising, Anda tentu tak ingin pembicaraan jadi konsumsi publik, kan?

4. Setting ringtone
Tidak salah kalau Anda suka pada ringtone telepon seluler Anda. Pasti Anda akan memilih lagu atau suara favorit. Jadi masalah, kalau disetel sangat keras sehingga bisa kedengaran sampai ke seantero kantor bila ada telepon masuk. Apalagi kalau lagu yang Anda pilih tak disukai rekan kerja.

5. Jangan tinggalkan ponsel
Jangan pernah meninggalkan ponsel dalam waktu lama. Tidak juga pada saat makan siang. Tidak mungkin makan siang hanya 10 menit, paling tidak 30 menit. Jadi jangan meletakkan ponsel Anda di meja kantor dengan volume maksimal. Kalau berada pada posisi si teman, Anda pasti bete mendengar telepon berdering terus-menerus sementara si pemilik sedang pergi. Kalau pun ditinggal, atur menjadi silence, supaya tidak ada yang terganggu. Lebih baik lagi jika disimpan dalam laci.

6. Gunakan earphone
Musik bagi sebagian orang seperti penyemangat hidup. Mendengarkan musik saat sedang stres memang disarankan para ahli. Namun bukan berarti selera musik Anda disukai teman kerja lain. Jadi, kalau pasang musik, ya jangan keras-keras. Hidup rekan kerja Anda akan nyaman kalau Anda menggunakan earphone. Dan satu lagi, orang suka tidak sadar ikut menyanyikan lagu yang didengar lewat earphone dengan suara keras. Ini juga bisa mengganggu tetangga sebelah. Ingat, kantor bukan tempat konser, lho.

7. Di-mute saja
Suara berisik juga berasal dari komputer. Entah Anda sedang men-download lagu, menonton film, atau melihat widget dari berbagai situs, sebaiknya pasang earphone. Satu lagi, gunakan screen saver yang tidak berisik, atau, saat membukanya, kecilkan volume. Agar aman, di-mute saja.

8. “Pssst, ini rahasia, lho”
Perempuan senang curhat pada teman sekerja. Kalau lagi semangat bercerita, suka lupa volumenya mengeras. Mau tak mau akan terdengar oleh yang lain. Kalau sangat pribadi, lakukan di tempat yang lebih pribadi, ruang meeting misalnya. Tetapi kalau Anda mau semua orang mendengar, dan mereka tidak keberatan, ya, sah-sah saja. Lihat-lihat dan perhitungkan situasi.

9. Antibau
Karena terbuka dan tak ada pembatas, tidak hanya suara yang akan “mampir” ke sebelah. Bau-bauan juga bisa berkelana ke mana-mana. Jadi, usahakan jangan menyemprot wewangian di ruang kerja. Bisa-bisa teman sebelah Anda pingsan. Juga jaga badan dari bau tak sedap. Kalau sering keluar, dan Anda termasuk orang yang mudah berkeringat, siapkanlah baju ganti di kantor. Ganti baju jika baju memang basah, dan mulai merasa tidak nyaman dengan bau badan.

10. Bersih dari makanan
Masih berkaitan dengan bebauan, jaga kebersihan meja kerja Anda dari makanan yang berbau tidak sedap. Menurut Anda sedap, belum tentu teman Anda setuju. Jangan pula menyimpan makanan di laci meja, baunya akan menyebar dengan sangat cepat.

11. Dilarang menguping
Kalau ada yang sedang bicara pribadi di dekat Anda, pura-puralah tak mendengar. Sangat disarankan untuk tidak ikut campur, kecuali diajak bicara. Sangat tidak sopan, meski bukan salah Anda bila ada yang membicarakan masalah pribadi di tempat terbuka.

12. Minta izin
Meski ruangnya terbuka, anggap saja ada pintu antara area kerja Anda dan teman. Jadi, kalau mau meminjam sesuatu, jangan lupa minta izin, dan segera kembalikan. Jangan pula melirik-lirik meja teman tanpa izin. Anda juga tak mau meja kerja Anda dimasuki tanpa izin, kan?

13. Jaga kebersihan meja kerja
Meja kerja mencerminkan kepribadian pemiliknya. Anda pun membawa imej perusahaan. Jadi, jaga kebersihan meja agar reputasi Anda dan kantor terlihat baik di mata klien. Karena terbuka, setiap tamu yang datang bisa melihat langsung meja kerja Anda. Kalau meja karyawannya saja berantakan, klien bisa meragukan kinerja perusahaan Anda.

14. Gunakan messenger
Bila ingin berkomunikasi dengan rekan tanpa suara, gunakan saja messenger. Misal, YM, MSN, Twitter, dan lainnya. Lebih jelas dan tidak mengganggu. Asal, jangan kebablasan jadi ajang ngobrol.

Monday, 13 July 2009

Hari ini anak2 sekolah lagi

Yup betul banget..hari ini, tgl 13 juli 2009 dimulai tahun ajaran baru buat anak sekolah...walau masih banyak yg ribut mahalnya uang masuk, uang buku, tunjangan dll tapi hari ini anak2 seluruh indonesia masuk sekolah.

Apa hubungannya dgn gue? jelas ada, hari ini g mulai kembali nganterin sepupu g yg aje gile bangunnya siang banget..masa g yg kerja lebih rajin bangunnya dari dy...seinget g dl aja g rajin banget pengen sekolah, minimal jam 6 dah bangun..sepupu g ini bangunnya paling pagi jam 6.15 dan dy masih sempet ntn spongebob squarepants dulu...gile kan?

Dan itu mengakibatkan g selalu berangkat dari rumah jam 7 terus...mepet2 waktunya...kl misalkan kantor g deket sih gpp...kantor g berjarak 15km dari rmh dan medannya berat coy, off road!! Dan ternyata g perhatikan banyak ibu2 yg pas liburan sekolah kemarin belajar naek motor yg artinya semakin banyak pengendara motor yg suka ngerem mendadak!! ck..ck..ck..g musti tambah hati2 bawa motornya nih...glek..

Friday, 3 July 2009

Fakta Kerokan

KOMPAS.com — Orangtua selalu menyarankan, jika kita masuk angin, maka kita harus kerokan agar angin di tubuh kita segera keluar. Lalu dengan bermodalkan sekeping uang logam plus balsem, punggung kita dikerok hingga menimbulkan gurat merah. Semakin merah guratan, artinya banyak angin-angin yang telah masuk dan diusir dengan kerokan tadi. Benarkah prinsip tersebut?

Kerokan tak hanya populer di Indonesia. Vietnam menyebut kerokan sebagai cao giodi, Kamboja menjulukinya gah kyol, sementara di China dikenal dengan sebutan gua sua. Bedanya, orang China memakai batu giok sebagai alat pengerok, bukan kepingan uang logam.

Faktanya, warna merah yang dihasilkan dari kerokan merupakan pertanda pembuluh darah halus (kapiler) di bawah permukaan kulit pecah sehingga terlihat jejak merah di tempat yang dikerok. Efeknya, pembuluh darah kulit, yang semula menguncup akibat terpapar dingin atau kurang gerak, menjadi melebar sehingga darah kembali mengalir deras.

Penambahan arus darah ke permukaan kulit ini meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh terhadap serangan virus. Selain itu, kerokan akan membuat penderita masuk angin merasa nyaman karena saat kerokan tubuh telah melepas hormon endorfin yang mengurangi salah satu gejala masuk angin, yaitu nyeri otot.

Asalkan tidak menjadi kebutuhan primer, kerokan tidak berbahaya. Namun, jika terus-terusan kerokan, ini bisa mengakibatkan banyak pembuluh darah kecil dan halus pecah. Tak hanya itu, kerokan juga bisa menimbulkan kecanduan karena efek hormon endorfin yang dikeluarkan tadi.